Kisah-kisah lanjutan dari Hongkong (5): Ramalan Fortune Teller Hongkong tentang Tahun 1987

JAWA POS, SELASA LEGI 30 DESEMBER 1986

Kisah-kisah Lanjutan dari Hongkong (5)
Ramalan Fortune Teller Hongkong tentang Tahun 1987





Tidak semua ahli fungshui bisa meramal keadaan di masa mendatang. Tapi, kadang juga ada yang mengaku bisa. Di Hongkong, peramal masa depan di sebut “fortune teller”, artinya, pencerita masa depan. Ahli fungshui terkemuka yang biasa dipanggil dengan panggilan Ng, yang saya datangi, mengaku tidak bisa meramal, tetapi dia menunjukkan kepada saya seorang fortune teller yang menurut pendapatnya lumayan, yang tinggal di sebuah flat di Des Voeux Road, Hongkong.

Masyarakat di sekitar tempat itu memanggilnya dengan Sim Siangseng. Ketika saya datang ke tempatnya masih ada lima orang lain yang ingin berkonsultasi mengenai masa depan, atau yang bakal dikenal dengan tahun kelinci mereka. Rupanya Sim Siangseng cukup laris, terutama menjelang akhir tahun seperti ini. Mereka bertanya, tentang apa yang bakal terjadi pada tahun 1987. Sambil melayani tamu yang lain, Siangseng memberikan sebuah kitab yang berisikan ramalan umum mengenai 1987.

Menurut Sianseng, pada tahun 1987 akan membawa perubahan besar bagi masyarakat dunia. Sebab, kelinci menurut kepercayaan legenda Cina berada diatas bulan. Satu tempat yang jauh sekali dibandingkan dengan tempat di mana macan berada. Macan, menurut kepercayaan itu berada di daratan.  Didasarkan pada legenda tersebut yakni bahwa kelinci berada di atas dan macan di bawah, dengan demikian akan terjadi perubahan besar pada dunia.

Di cina atau di Hongkong sendiri akan terjadi perubahan besar di bidang politik. Akan terjadi pergolakan besar di daratan Cina yang getarannya akan terasa sampai ke Hongkong, sehingga pada akhirnya, menurut Siangseng, juga akan berpengaruh pada pemuda-pemuda di Hongkong untuk menentukan sikapnya. Apakah gelombang demonstrasi di Cina menjelang akhir tahun ini merupakan gejala awalnya, masih belum jelas. Yang jelas di Hongkong getaran pergolakan itu akan berpengaruh juga di bidang keuangan dan perekonomian. Cuma di Hongkong akan selamat melewati getaran-getaran dari daratan Cina.

Selain itu, di daratan Cina sendiri pada tahun 1987 akan merupakan tahun kelabu. Tokoh-tokoh penting yang sekarang menduduki posisi top akan pensiun, atau akan diberhentikan karena mereka menyokong gerakan-gerakan baru. Perekonomian di daratan Cina akan bertambah parah jika tidak cepat memperoleh suntikan dana yang lebih besar lagi. Siangseng dalam ramalannya mengatakan, dengan istilah, “Ibarat naga yang muncul di permukaan laut, ombaknya bisa membuat oleng kapal-kapal yang sedang berlabuh di pantai”.

Eropa paling terasa tenteram. Rakyat di sana akan hidup lebih dari cukup dan tidak berpenaruh pada resesi ekonomi dunia. Cuma menurut Siangseng, akan ada beberapa kepala Negara yang meninggal bukan karena sakit. Ia menyebutkan Negara-negara yang bersangkutan dengan istilah B, Y, R, dan S.

Di Amerika, Kanada, dan Australia, bakal terjadi perubahan penting di kalangan para pemimpin. Pemimpin tua berjatuhan dan bakal diganti angkatan muda yang sama sekali belum diperhitungkan. Semua itu diramalkan sebelum peristiwa Iran gate. Sebab, saya sendiri ke rumahnya tepat saat Iran gate baru saja muncul ke permukaan.

Musibah terbesar akan terjadi di Australia berupa bencana alam di pertengahan 1987. Meskipun korban jiwa tidak begitu besar tapi kerugian harta benda sangat besar. Musim dingin yang paling buruk akan melanda Kanada. Sedangkan di Amerika Serikat akan ada pergolakan ekonomi yang menyeluruh. Dengan demikian, pada 1987 Amerika Serikat akan mengadakan proteksi besar-besaran terhadap barang-barang yang selama ini masuk ke sana.

Di bidang Ekonomi, pada tahun 1987 bakal terjadi perombakan struktur dagang yang penting di kalangan negara-negara yang sekarang dianggap punya sistem perdagangan yang kuat. Meskipun minyak masih belum bisa kembali sebagai primadona, situasi perminyakan akan menjadi lebih baik pada 1987.

Untuk Hongkong sendiri industri pakaian jadi akan berkembang dengan pesat pada tahun 1987. Hongkong akan mengalami kesulitan sedikit menjelang akhir 1987 di bidang keuangan, karena pembangunan yang tidak terkendalikan di dalam negeri dan banyaknya dana Hongkong yang akan pindah keluar negeri.

Dibidang hukum, mulai longgar ketimbang tahun 1986. Cuma menurut  Siangseng dalam tahun 1987 akan lebih banyak orang yang meringkuk di penjara jika dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. Sianseng tidak menyebutkan mengapa demikian.

Yang unik dalam ramalam yang ditulis Siangseng dalam kitab tulis itu adalah bahwa ia meramalkan sebagai berikut:
Capricornus: perubahan penting tidak akan terjadi dalam tahun ini.
Aquarius: Harapan untuk mendapatkan keuntungan yang yang lebih ada di depan pintu.
Pisces:  Jika Anda kurang hati-hati, Anda akan menyesal di belakang hari.
Aries: Bakal ada dewa penolong dalam tahun ini.
Taurus : Anda dihadapkan pada kerja keras dalam tahun ini.
Gemini: Sinar terang ada di depan Anda, mengapa harus gelisah?
Cancer: Kendalikan diri, jika ingin tentram dan tak banyak godaan.
Leo: Karier baru ada di depan mata.
Virgo:  Mengapa harus menyesal jika lubang tersebut Anda ciptakan sendiri?
Libra: Layar sudah dibentangkan, kapal mau tak mau harus berlayar.
Scorpio: Jangan mencoba hal-hal yang di luar kemampuan anda.
Sagitarius: Jika beruntung Anda bisa ke luar negeri.
Ketika saya tanyakan kepada pemandu wisata saya, mengapa ramalan-ramalan tersebut begitu singkat, dia memberikan jawaban pada saya, itulah cara-cara fortune teller mendapatkan ”klien”. Dengan singkat-singkat begitu, orang akan penasaran dan akan bertanya.

Setiap konsultasi tidak tentu tarifnya. Lihat permasalahannya. Untuk yang umum cuma 20 dolar Hongkong. Tapi, yang khusus yakni ramalan untuk setahun penuh, serta pantangan-pantangan yang harus dilakukan untuk menghindari marabahaya, tarifnya bisa sampe 1.000 dolar Hongkong.

Sudah barang tentu, seperti juga di Indonesia ramalan-ramalan memegang peranan cukup penting. Ini buktinya, horoskop yang ada di surat kabar dicandui orang. Laki-laki, perempuan, tua, muda. Juga di Hongkong. Ketika saya menunggu klien yang sudah datang sebelum saya, datang lagi seorang ibu dengan anak gadisnya yang saya taksir berusia 20 tahun. Pemandu wisata saya yang sudah barang tentu fasih berbahasa Cina membisikkan kepada saya bahwa Klien yang sekarang dilayani nasibnya jelek di tahun kelinci. Ia Shio Kambing. Pemandu wisata saya mengatakan bahwa Siangseng sedang memberi ciswak kepada kliennya, yakni harus sembanyang di klenteng, tujuh kali setiap bulan, sepanjang 1987 nanti.
Betulkah dengan ciswak itu malapetaka bisa dihindari? Tahayul? Mungkin saja. Tapi, bukankah ini satu upaya manusia untuk mencapai ketentraman jiwa? Seandainya ia mengenal perkembangan dunia yang modern ia akan pergi ke psikolog dan bukan ke ahli ramal atau fortune teller?

Saya sabar saja menunggu giliran. Ada yang imgin saya tanyakan tentang Indonesia. Karena dari ramalannya yang ada di kitab tulis itu, ia meramal tentang banyak negara. Cuma yang diramalkan di dalam kitab tulis itu adalah ramalan negara-negara di mana banyak orang Hongkong hijrah ke sana.

(bersambung)

Kisah-kisah lanjutan dari Hongkong
(1) Twako
(2) Jenazah Itu Diminta Menunggu Tahun 1997
(3) Dengan Mahyong Calon Menantu Diuji
(4) Beli Batu Giok di Hongkong atau RRC
(5) Ramalan Fortune Teller Hongkong tentang Tahun 1987
(6) Lalu, Apa Kata Siangseng tentang Indonesia
(7) Memenuhi Keinginan Terpendam Duapuluh Tahun yang Silam.